Monday, July 28, 2008

Mengejar Promosi

Belajar tentang bagaimana mengasah kemampuan mungkin bukanlah satu hal yang mudah. Mungkin saja akan ditemui berbagai kesulitan di tengah jalan, untuk mendapatkan apa yang diinginkan berdasarkan dengan apa yang Anda ketahui. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka mendapatkan apa yang diinginkan, yaitu memiliki karier yang membuat bahagia dan memberikan kepuasan yang dicari selama ini.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, mengerjakan semua tugas dengan baik. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya Anda inginkan, dan gunakan itu sebagai panduan. Kalau Anda tidak bisa mengerjakan semua tugas dari pekerjaan sekarang dengan baik, bagaimana bisa mendapatkan promosi dan mencapai kesempatan yang lebih besar dan lebih baik dalam hidup? Jadi lakukanlah pekerjaan dengan baik, apapun yang harus dilakukan, berikan 100%. Tunjukkan pada orang lain bahwa Anda bisa melakukan tugas dengan baik dan Anda bangga akan hal itu.

Biarkan atasan menyadari bahwa Anda telah melakukan semuanya dengan baik. Kalau berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, Anda harus merahasiakannya. Biarkan atasan mengetahui bahwa Anda telah melakukan semua pekerjaan dengan baik, agar mereka menyadari bahwa mereka telah mempekerjakan orang yang tepat. Make sure mereka mengetahui bahwa Anda adalah pilihan yang tepat dan telah melakukan semua yang diharapkan. Karena jika tidak membiarkan atasan mengetahuinya, lalu bagaimana mereka bisa tahu Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik?

Cara lain untuk bisa mendapatkan promosi jabatan adalah dengan mencari tahu siapa pengambil keputusan di perusahaan tempat Anda bekerja. Jika ada orang lain yang harus membuat keputusan dalam perusahaan tersebut, cari tahu dan cobalah untuk mengerti mereka. Cari tahu apa yang mereka inginkan dan harapkan dari Anda. Karena ini akan membantu Anda untuk bisa lebih dikenal di perusahaan, dan otomatis akan membuat karier lebih maju dan memberikan banyak kesempatan.

Jika sedang melakukan tugas-tugas dengan level yang lebih tinggi, pastinya Anda juga ingin mulai memiliki tanggung jawab yang lebih di kantor. Bila memungkinkan, bisa dimulai dengan menawarkan diri untuk membantu rekan kerja atau atasan. Tanyakan pada atasan apakah ada yang bisa dibantu. Jika diberi kesempatan untuk memimpin sebuah proyek, jangan pernah menolak, ambil kesempatan tersebut. Make sure juga Anda menunjukkan pada rekan-rekan yang lain bahwa Anda memang layak meraih sukses di perusahaan ini.

Jangan takut untuk mengatakan tidak. Memang, Anda harus mampu mengerjakan pekerjaan dengan beban yang lebih banyak dari tanggung jawab sebenarnya. Tapi, pastinya Anda tidak ingin kan jika pekerjaan yang datang jadi berlebihan alias melewati batas kemampuan. Yang harus dilakukan adalah, mengerjakan pekerjaan yang memang menjadi tugas Anda, tidak lebih. Jika sepertinya tidak bisa menepati deadline, katakan pada atasan agar beliau mengetahui bahwa Anda akan terlambat menyerahkan tugas. Dan akan lebih baik jika mengatakannya sejak awal, daripada di menit-menit terakhir. Namun, bukan berarti jadi semudah itu untuk bisa mundur dari jadwal deadline. Tetap saja Anda harus bekerja keras untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Lebih sering membuat atasan terkesan dengan hasil kerja Anda, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan promosi. Namun, jika karena alasan tertentu Anda tidak mendapatkan promosi, cari tahu apa penyebabnya. Temui atasan dan tanyakan, apakah Anda telah melakukan sebuah kesalahan. Jika ya, tanyakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Semakin banyak tahu, berarti semakin banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya dan mendapatkan promosi yang diinginkan.

No comments: